Selasa, Februari 26, 2008

TAROMBO BATAK


Bonapasogit Gultom

DIPOSTING OLEH::VASKO EDO MINTER GULTOM


Bagi kebanyakan turunan Gultom yang tinggal di sekitar Sumatra Utara, agaknya informasi letak Bonapasogit tidak menjadi hal yang sukar dimengerti, namun bagi para turunan Gultom yang tinggal di luar Sumatra dan juga yang berada di luar negeri informasi mengenai letak geografis tanah kelahiran , bapak dari bapak, dari bapak, dari bapak, dari bapak Gultom adalah sangat penting untuk melestarikan adat istiadat yang sudah diturunkan dari nenek moyang kita Gultom.

Turunan Gultom sudah menyebar keseluruh dunia, bahkan boru Gultom yang merantau keluar negeri umumnya cenderung mempunyai suami dari negara itu sendiri. Mereka akan bangga menunjukkan dimana tempat kelahiran Gultom serta bagaimana situasi sosio ekonomi dari bonapasogit yang disebut “Home Town” nya “Gultom”.

Letak Geografis Bonapasogit Gultom.

Negeri Gultom adalah terletak dianatar Bona Pasogit kita bukan Sitamiang dan juga bukan Tujuan Laut. Dua daerah ini hanyalah sebagian dari Bona Pasogit Gultom yang terbentang dari antara Lontung keturunan marga Situmorang dan sam pinggiran Danau Toba yang indah sekitar 30 sampai 40 Km diseberang Kota Parapat. Bonapasogit ini sekarang sudah menjadi naungan pemerintahan kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Indonesia.

pai ke Onan Runggu marga Samosir.

Seperti kita ketahui, Toga Gultom adalah keturunan dari Raja Sonang yang mempunyai anak:
Toga Gultom
Toha Samosir
Toga.Pakpahan dan
Toga Sitinjak

Di Gotting artinya di dolok terdapat kuburan bersama dari keturunan Raja Sonang. Diduga bahwa disanalah Toga Gultom berdomisili dan akhirnya semua keturunannya menempati daerah ini sampai sekarang memang kita menguasai daerah tersebut dan dari sinilah turunan Gultom menyebar, ke daerah lain seperti Sigaol, Pangaribuan, Pahae dan keseluruh penjuru dunia termasuk ke California, Amerika Serikat.

Nenek moyang kita Toga Gultom mempunyai emapt orang anak dengan urutan dari yang tertua hingga yang terbungsu:
Gultom Hutatoruan atau Tujuan laut anak tertua manjae ke pinggir danau yang namanya Sukkean dekat Onan Runggu itulah sebabnya Gultom Hutatoruan dimana disebut Gultom Tujuan Laut karena mereka berdomisili di pantai danau Toba.
Gultom Hutapea anak kedua menetap di Gotting yang artinya bukit dan memang kampung ini tertelak di perbukitan namun ada airnya makanya disebut huta pea. Pea artinya adalah air.
Gultom Hutabagot anak ketiga dari Toga Gultom. Bagot artinya pohon nira/tuak.
Gultom Hutabalian adalah anak tergungsu dari empat bersaudara, balian artinya ladang. Mereka berdomisili disekitar daerah Gultom. Di atas dolok yang berbatasan dengan Sibual-bual marga Sitindaon.

Komposisi Penduduk

Mengenai Jumlah penduduk dan komposinya, kami masih belum bisa memberikan gambaran. Tapi sangat sedikit yang tersisa hanya orang tua dan janda, karena yang muda sudah merantau.Yang jelas para kepala desa/kepala SD Inpres di sana umumnya marga/nyonya Gultom seperti di daerahnya Ir Henry Gultom yang berasal dari Pangasean.

How to get there

Cara menjangkaunya adalah dari Polonia Medan atau Belawan bisa sewa mobil dari Gultom travel biro di Medan ke Ajibata. Atau ambil Bis PMH atau taksi ke Parapat. Karena di Bona Pasogit atau Home Town tidak ada hotel maka anda harus menginap di Parapat.

Dari Parapat atau pelabuhan Ajibata ambil Ferry ke Tomok. Dari Tomok anda harus menuju ke arah barat menanjak, begitu lewat Lontung tiba-tiba anda sudah berada di negeri Gultom, Janji Matogu, Huta Hotang, Sibutar, dll. sampai ujung nya di Sukkean/Onan Runggu. Secara geografis ini tidak lebih dari 20 km (15 mil)

Namun karena jalannya sangat tidak bersahabat baiknya kita ambil jalan alternatip dengan naik kapal berangkat dari Tigaraja jurusan Onan Runggu. Nanti kapal tersebut akan mampir di pantai negeri Gultom antara lain, Lagundi, Siampang, Sitio-tio, Sitamiang, Sukkean dan Onan Runggu.


1 Komentar:

Blogger vasko mengatakan...

kekmana lae anda jago sekali???? & apa komen anda tentang blogger ini,,horas..........

27 Februari 2008 21.30  

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda