Sabtu, April 26, 2008

download lagu batak

Trio Ambisi - Unang Ahu Sai Solsoli

Unang au sai solsoli hasian unang au sai tangisi
Ai ndang ahu na so ra marningot janji
Alai hodo hasian na pittor muli
Dung malala rohanghi ro ma ho sumolsol bagi
Tung saribu hali ro ho manolsoli ahu do sitaon na hassit i

Baca selanjutnya »

Rita Butarbutar - Saputangan Namarsap Ilu

Nunga tung leleng hita naung mardongan
Nunga tung leleng hita naung marpadan
Tung naso jadi marsirang rap dinasonang
Susa rap manaon ido parjanjian

Baca selanjutnya »

Joel Simorangkir - Aek Sibundong

O aek sibundong, Aek sibundong da nauli
parharsap mi mansai uli
tudos hapas palembang i
madabu tu sampuran i

Baca selanjutnya »

Joel Simorangkir - Aha Ma Natau Siingotonhu

Ahama natau si ingotonhu
Nda sian ho ito dahasian
arian borngin sai tumatangis ahu
laho mamikkiri pangalahom
ido na mambaen au gabe mandele tu ho ito

Baca selanjutnya »

Nova Panjaitan - Boanonhu Do Ho

Sian dia ma mulaionku
lao mandok tu ho holong ni roha
horas ma ito
horas hasian

Baca selanjutnya »

Victor Hutabarat - Anakhonhi Do Hamoraon Di Ahu

Anakkon hi do hamoraon di ahu …

Marhoi hoi pe au inang da tu dolok tu toruan
mangalului ngolu-ngolu naboi parbodarian
asal ma sahat gelleng hi da sai sahat tu tujuan
anakkon hi do hamoraon di au.

Baca selanjutnya »

Victor Hutabarat - Parsobanan

Ai diingot ho dope ito rap dakdanak uju i
rap marmeam meam di hauma manang di balian i
ho marlojong lojong di batangi laos hu adu sian pudi
laos tinggang do ho ditikki i sap gambo bohimi

Ai diingot hodope ito nadiparsobanan i
ima naso tarlupahon au tikki roma rimbus i
laos hubukka ma dabajukki asa adong saong-saong mu
tung massai gomos do ho huhaol asa tung las ma daging mi

Reff.
Hape dung saonari nungnga leleng dang pajumpang dohot ho hasian,
nungnga adong sappulu taon atik naung muli do ho
Molo tung namuli pe taho dang na pola sala i hasian
asal ma huida bohimi asa tung sonang rohakki

Anggo ala rokkap do ito Tuhan ta do umboto i…

Senandung Danau Toba

Akhirnya Sabtu 27 Oktober 2007 tadi malam, acara Senandung Danau Toba yang di selenggarakan Gita Entertainment berjalan lancar. Walaupun kota Bandung sudah di guyur hujan deras sejak Pkl 19.00 WIB namun keadaan cuaca ini tidak mengurangi minat masyarakat batak yang tinggal di Bandung dan sekitarnya untuk menyaksikan acara ini. GOR Saparua tetap saja penuh dan tidak ada kerusuhan ataupun keributan sama sekali. Semuanya duduk tenang menyaksikan penampilan penampilan artis-artis yang di suguhkan oleh Gita Entertainment.

Acara ini sempat molor sampai 90 menit, yang tadinya run down acara yang saya buat openingnya pkl 19.00 tetapi di karenakan telatnya sound check sore hari yang di sebabkan telatnya datang artis-artis pengisi acara menyebabkan band pengiring yaitu Nada Jaya harus telat datang dari hotel ke tempat penyelenggaraan. Mau tidak mau, tidak ada lagi solusi lain untuk memulai acara ini. Syukur semua penonton yang hadir memaklumi dan mungkin mereka berpikir karena penonton belum terlalu banyak sehingga acara belum layak di mulai. Tapi sebenarnya masalah ini muncul dari ketidaksiapan semua crew menghandle acara ini. Termasuk saya sebagali show manager tidak bisa berbuat apa apa.

Tepat pkl 20.25 wib akhirnya acara di buka dan di isi artis-artis lokal Bandung. Penonton di awal acara tidak begitu puas dengan penampilan mereka, wajar karena banyak terjadi ketidakkompakan pemain band dan penyanyi. Ini di karenakan tidak sempatnya latihan penyanyai dengan pemain band. Terlihat sekali kesalahan kesalahan ini.

Karena takut penonton tidak puas akhirnya saya mengambil keputusan artis lokal yang tidak tepat waktu hadir harus di cut dan tidak akan manggung. Apa boleh buat keputusan ini harus diambil daripada penonton teriak-teriak. Disamping itu juga MC yang di sediakan oleh Gita Entertainment juga belum pernah sama sekali naik panggung. Qeu card yang sudah saya siapkan sebelumnya juga dan sudah saya brief sebelumnya juga tidak membuahkan hasil. Apa itu que card juga mereka tidak mengerti sama sekali. Hasilnya saya harus banyak memotong MC untuk naik. Untungnya artis pengisi acara ini seperti Nainggolan Sister, Jack Marpaung, Judika Sihotang, The Heart Sister dll dapat diajak kerjasama untuk announce para sponsor. Kalau tidak, pihak Gita Entertainment mungkin tidak akan di bayar oleh sponsor-sponsor tersebut karena tidak ada announce sponsor dari MC.

Terlihat sekali nilai jual acara ini berada pada Judika Sihotang. Walaupun sudah menunjukkan pkl 22.00 wib. Penonton masih saja berdatangan dan akhirnya GOR Saparua bisa penuh. Judika manggung dari jadwal awal di rundown pkl 22.40 tapi terlihat kesabaran semua penonton menunggu hingga pkl 23.50 WIB.

Parsirangan

Download link

Di endeku ho hutonahon
Bohimi sai hot di rohangki
Tung so boi be ho huhalupahon
Sai jotjot ho ro tu nipiki

Rap na jolo hita sian huta
Tolu ari tolu borngin ndang ni hilala
Martata huhut martolha tolha
Laos disi do tubu holong ni roha

Jumpang ma ujung ni pardalanan
Tangis ahu ito di ari parsirangan
Tung gomos tangan mi marsijalangan
Sude na i tahe ndang tarlupahon

Di endeku ho hutonahon
Bohimi sai hot di rohangki
Tung so boi be ho huhalupahon
Sai jotjot ho ro tu nipiki

Tu dia ho luluanhu
Tolu taon sai tarpaima ahu
Sai andigan ma hita pajumpang
Naeng pajumpang pasombu siholhi

By: Joy Tobing

Nang Gumalusang

Klik Gambar berikut untuk mendengarkan lagu ini
Download link

Nang gumalusang angka laut
Nang ro pe halisuksung i
Laho mangharomhon soluhi
Molo Tuhan parhata saut
Mandok hata Na ingkon saut
sai saut do i, sai saut doi, sai saut doi

Ndang be mabiar ahu disi
Mangalugahon solu hi
Ai Tuhanku donganhi
Ai tung godang pe musu hi
Na mangaroro soluhi
sai dao doi sai dao doi sian lambunghi.

Hatop marlojong do soluhu tu labuan nasonang
Na so adong be dapot hasusaan i
Tudos tu si nang pardalananhi
Laho mandapothon surgo i

Sipata naeng lonong do ahu
So halugaan galumbang i
Tudia na ma haporusanhi
Ingkon hutiop tontong Jesus i
Ditogu-togu tanganki didalan na sai maol i
Diparungkilon hasusaan tu Jesus haporusanhi
Nang pe di dalan laho tu surgo di iring Jesus ahu di si.

Hatop marlojong do soluhu tu labuan nasonang
Na so adong be dapot hasusaan i
Tudos tu si nang pardalananhi
Laho mandapothon surgo i

Sipata naeng lonong do ahu
So halugaan galumbang i
Tudia na ma haporusan hi
Ingkon hutiop tontong Jesus i
Ditogu-togu tanganki didalan na sai maol i
Diparungkilon hasusaan tu Jesus haporusanhi
Nang pe di dalan laho tu surgo di iring Jesus ahu di si.

By: Victor Hutabarat

Untuk mendownload lagu ini silahkan klik di sini

« Previous Entries

surat batak

Kursus Kilat Aksara Batak

diposting oleh:VASKO EDO MINTER GULTOM

    PERHATIAN:
    bagi anda yang mau belajar bahasa batak bisa anda mencoba lebih perlahan -lahan lagi tentang huruf batak dan hubungi saya jika anda merasa kesulitan dalam membaca dan menulis .vaskoedos@gmai.com

Belajar Aksara Batak amatlah mudah. Ke-19 aksara yang ditambah beberapa tanda diakritik dapat cepat dipahami.

Aksara

Semua ina ni surat yang berupa konsonan berakhir dengan bunyi /a/ (bp bapa).


    Karo

    Pakpak

    Simalung.

    Toba

    Mandail.

    a

    a

    a

    a

    a

    a

    ha

    a

    a

    k

    h

    h

    ka

    k

    k

    k

    k

    k

    ba

    b

    b

    b

    b

    b

    pa

    p

    p

    p

    p

    p

    na

    n

    n

    n

    n

    n

    wa

    w

    w

    w

    w v

    w

    ga

    g

    g

    g

    g

    g

    ja

    j

    j

    j

    j

    j

    da

    d

    d

    d

    d

    d

    ra

    r

    r

    r

    r

    r

    ma

    m

    m

    m

    m

    m

    ta

    t

    t

    t

    f t

    t

    sa

    s

    s

    s

    s

    s

    ya

    y

    y

    y

    y

    y

    nga

    <

    <

    <

    <

    <

    la

    l

    l

    l

    l

    l

    nya



    [

    [

    [

    ca

    c C

    c



    c

    nda

    q





    mba

    B





    i

    I

    I

    I

    I

    I

    u

    U

    U

    U

    U

    U

Tanda Diakritik (Anak ni surat)

Untuk menambah bunyi vokal, bunyi sengau dan bunyi /h/ serta untuk mematikan bunyi /a/ perlu ditambah beberapa tanda diakritik:


    Karo

    Pakpak

    Simal.

    Toba

    Mand.

    -e

    Be

    Be




    -e

    BE

    BE

    BE

    BE

    BE

    -i

    Bi B=

    Bi

    Bi

    Bi

    Bi

    -o

    Bo BO

    Bo

    Bo

    Bo

    Bo

    -ou



    BO



    -u

    Bu

    Bu

    Bu

    Bu

    Bu

    -ng

    B^

    B^

    B^

    B^

    B^

    -h

    Bh

    Bh

    Bh



    -

    B-

    B\

    B-

    B\

    B\

    Bunyi /a/ ini dapat dihapus dengan menggunakan tanda mati yang berbentuk garis miring terbalik.: lk\lk\ laklak.

    Bunyi /a/ yang melekat pada ina ni surat dapat diubah menjadi vokal lain dengan menambahkan anak ni surat. Huruf g /ga/ misalnya dapat diubah menjadi gE /ge/ seperti dalam kata bligE Balige.

    Selain itu, ada dua diakritik yang menambahkan bunyi /ng/ atau /h/ pada ina ni surat, contohnya adalah b^kr Bangkara, atau rumh rumah [K].

    Dua jenis diakritik dapat dikombinasikan: pti^ pating [K], reh reh [K]. Bila terdapat kombinasi dari anak ni surat yang letaknya di belakang ina ni surat (yakni i, u, atau e) dan anak ni surat /h/ atau /ng/ (yang terletak di atas-kanan ina ni surat) maka anak ni surat /h/ atau /ng/ agak bergeser ke kanan sehingga posisinya tepat di atas anak ni surat i, u, atau e. Perlu dicatat bahwa aturan ini tidak selalu dipatuhi.

    Pada suku kata tertutup yang terdiri dari urutan Konsonan - Vokal - Konsonan, anak ni surat yang menandai vokal selalu diletakkan di antara ina ni surat yang kedua dan tanda mati seperti terlihat pada contoh ini: gko\ gok; borti- borit [S]; sni-tk- sintak [K].

Aksara /a/ dan /h/

    Menurut Voorhoeve , makna asli huruf a adalah /ha/ dan huruf k bermakna /ka/, tetapi dalam dialek-dialek selatan a selalu dieja /a/ dan k bermakna /ha/ atau /ka/. Pada kelompok Batak Utara, a selalu bermakna /a/ atau /ha/ dan k menjadi /ka/ seperti dapat dilihat pada tabel berikut:

    Karo

    aku aku


    Simalungun

    aK ahu

    Pakpak

    aK aku


    Toba

    aK ahu




    Mandailing


    Huruf a juga digunakan sebagai penopang vokal. Karena surat Batak hanya mengenal dua ina ni surat yang bermakna vokal, ialah /i/ dan /u/, maka huruf a dipakai bila vokal-vokal /e/, /e-pepet/, dan /o/ berada pada awal suku kata. Dengan demikian aE dibaca /e/, ao dibaca /o/ dan sebagainya: aEtkE\ etek, aakE\ aek, amo\P ompu, ani\d inda, aN\d^ undang (perihal kedua contoh terakhir lihat juga bab 7.3).

Aksara /i/ dan /u/

    Aksara ina ni surat I/i/ dan U/u/ hanya digunakan di awal suku kata terbuka (UL ulu, pIpaingot). Bila sebuah suku kata tertutup diawali dengan bunyi [i] atau [u] maka vokal tersebut diwakili oleh kombinasi huruf a dan anak ni surat /i/ atau /u/ (aM\pm umpama, ani\D^ indung). Aturan ini juga berlaku bagi suku kata yang dimulai dengan vokal-vokal lainnya: (amo\P ompu, aolo olo, aems- emas [K]).

    *K Di surat Batak versi Karo, huruf I dan U boleh dipakai, boleh tidak. Di mana pun posisinya, I selalu dapat diganti dengan ai, dan U boleh diganti dengan au. Dengan demikian, kata iluh dapat ditulis ailuh atau Iluh. Di semua surat Batak lainnya terdapat kecenderungan untuk selalu menggunakan I dan U bila berada pada posisi awal suku kata terbuka.

Vokal Ganda dan Diftong - Aksara /w/ dan /y/

    Karena fonem [y] dan [w] tidak terdapat pada bahasa Batak Toba, maka aksara /ya/ dan /wa/ tidak perlu bila menulis surat Batak versi Toba. Namun demikian, huruf y /y/ dan w /wa/ sering dipakai, juga dalam naskah-naskah Batak Toba, untuk menyambungkan dua vokal. Kata reak, misalnya, dapat ditulis reak\ atau reyk\ dan demikian juga terdapat varian Da (dua) dan Dw (duwa). Tidak jarang kita menjumpai kedua varian pada satu naskah.

    Di Karo dan Simalungun vokal ganda selalu harus disambungkan dengan menggunakan w dan y. Dalam surat Batak versi Karo, kata sea selalu ditulis sEy (seya) dan tidak pernah sEa (sea); demikian juga dengan kata dua yang harus ditulis duw.

    Di semua surat Batak, w dipakai untuk menyambung vokal ganda yang dimulai dengan vokal /u/ atau /o/ (yakni ua, oa, oe, dan ue), sedangkan y menyambung vokal ganda yang berawal /e/ atau /i/ (yakni ia, io, ea, dan eo).

    *K Di Karo, diftong [ai] biasanya ditulis /e/: kata nai biasanya ditulis nE (ne), tetapi kadang-kadang varian nyi (nayi) digunakan juga. Setahu saya, kebiasaan ini hanya ada di Karo, sedangkan dalam naskah-naskah Toba dan Mandailing diftong [ai] seperti dalam contoh kata sai selalu ditulis sai (sai), dan dalam hal ini s mewakili /sa/ dan ai /i/.

    Diftong [au] tidak lazim digunakan di Karo. Di antara beberapa kata yang menggunakan diftong [au] terdapat kata lau (air, sungai) dan laut (laut). Dalam naskah-naskah Karo, lau selalu ditulis layo, dan laut selalu ditulis lawit. Dalam naskah Toba dan Mandailing, diftong /au/ selalu ditulis seperti dalam kata saT\, yaitu s /sa/ - aT\ /ut/.

    *S Pada naskah Simalungun huruf w dan y sering digunakan untuk menulis kata yang berawal vokal. Dengan demikian, ulang sering ditulis wulang, dan on ditulis won. Kata yang berawal bunyi /i/ dan /e/ juga sering ditulis dengan y.

    Diftong [ei] sering terdapat dalam bahasa Simalungun, misalnya dalam kata atei atau tarsulei. Kedua kata ini biasa ditulis atE ate dan tr-SlE tarsule. Kadang-kadang huruf /ya/ dipakai untuk menambah vokal /i/: atEyi atei, tr-SlEyi, tarsulei.

Nasalisasi dan aksara /mba/ dan /nda/ (K)

    Salah satu ciri khas surat Batak versi Karo adalah bahwa bunyi sengau [m], [n], dan [ng] yang terdapat sebelum konsonan /b/, /c/, /d/, /g/, /j/, /k/, dan /p/ tidak ditulis. Dengan demikian, kata panta selalu ditulis pt. Demikian juga dengan kata tonggal yang selalu ditulis togal, banci menjadi baci, nangkih menjadi nakih, sampur menjadi sapur dan sebagainya:

    banci

    =baci

    bci


    tonggal

    =togal

    togl-

    nande

    =nade

    ndE


    lanja

    =laja

    lj

    sampur

    =sapur

    spru-


    tangkal

    =takal

    tkl-

    Demikian juga dengan kata nande yang sering ditulis nade, dan kata mambur yang sering ditulis mabur walaupun terdapat aksara /nda/ dan /mba/. Tingkat penggunaan kedua aksara tersebut tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar 40% naskah Karo yang menggunakan aksara itu. Kemungkinan besar kedua aksara tersebut masih relatif baru, meskipun telah digunakan pada naskah Karo yang paling lama. Perlu dicatat bahwa umur naskah-naskah Karo yang berada di museum-museum di dalam dan di luar negeri jarang melebihi 120 tahun.

Kendala Morfemik

    Seperti sudah disebut di atas, surat Batak sebenarnya bukan abjad karena tidak benar-benar fonetis. Hal itu juga tampak dari kenyataan bahwa hanya seorang yang mengetahui bahasanya dapat menulis surat Batak. Jika kita disuruh menulis kata marina dengan menggunakan huruf Latin, kita dapat melaksanakan hal itu dan bisa menulis kata yang diucapkan tadi tanpa kesalahan walaupun kita tidak mengerti katanya. Ialah karena abjad Latin pada hakikatnya fonetis. Lain halnya jika kita disuruh menulis kata yang sama dengan surat Batak. Jika kita tidak menguasai bahasa Batak Toba, tentu kita akan menulis mrin karena kita tidak tahu bahwa kata marina terdiri atas dua morfem yakni awalan {mar} dan kata dasar {ina}. Struktur morfemik inilah yang turut mempengaruhi cara menulis surat Batak, dan ada kecenderungan untuk menandai batas-batas morfemis dengan menulis mr\In Demikian juga dengan kata taringot tr\I atau parulian pr\Ulian\. Perlu dicatat, bahwa aturan ini tidak selalu diperhatikan oleh penulis naskah-naskah Batak. Cukup banyak naskah yang menulis kata maringan mri dan bukan mr\I.

Konsonan ganda

    *KP Dalam bahasa Karo dan Pakpak terdapat banyak kata yang mempunyai struktur KVKVK di mana vokal pertama merupakan pepet (e lemah). Dalam hal ini, konsonan yang mengikuti pepet itu dapat dieja ganda: misalnya kata belin 'besar' bila diucapkan pelan-pelan ejaan menjadi bel-lin. Dengan demikian, struktur kata sebenarnya bukan KVKVK, melainkan terdiri dari dua suku kata yang masing-masing berbunyi KVK. Penulisannya bisa belni- belin atau ble-lni- bellin. Contoh lain adalah: be-ne dan ben-ne, te-mbe dan tem-mbe dan sebagainya. Penggandaan konsonan seperti itu adalah gejala yang umum sekali dalam naskah Pakpak dan Karo.

Awalan -er

    *K Pada naskah Karo awalan er- selalu menjadi re-, misalnya erkeriken ditulis rekeriken. Hanya pada beberapa naskah saja terdapat bentuk are-kerikne- (herkeriken).